Sosialisasi Adalah Hal Yang Penting Untuk Kehidupan

Sosialisasi adalah proses transfer suatu kebiasaan atau tindakan yang dilakukan oleh manusia. Nilai dan aturan tersebut dalam prosesnya terus diturunkan setiap generasi dan juga golongan. Itulah yang bisa dikatakan sebagai proses sosialisasi. Sosialisasi sendiri merupakan sebuah proses yang akan selalu ada di tengah masyarakat. Keberadaannya tidak akan pernah hilang karena segala sesuatu proses sosialisasi selalu terjadi di kehidupan kita. Proses saling menukar ilmu dalam kehidupan kita juga bisa dikatakan sebagai proses sosialisasi. Tidak sampai di situ saja namun pembelajaran dalam sekolah pun juga bisa dikatakan sebagai sosialisasi. Bahkan secara tidak sadar proses tersebut menjadi salah satu proses sosialisasi yang paling dekat dalam kehidupan kita baik kita sadari maupun tidak kita sadari.

Sosialisasi adalah hal yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan. Jika dibagi dalam jenisnya, sosialisasi sendiri bsia dikatakan ada dua macam yakni sosialisasi primer dan juga sosialisasi sekunder. Sosialisasi primer sendiri merupakan proses yang kita alami sejak awal kehidupan kita atau bisa dikatakan saat kita masih dalam masa kecil. Proses ini berlangsung dalam keluarga kita. Tahap ini juga akan berbeda tiap individunya tergantung dari anggota masyarakat yang terdapat dalam keluarga anda. kemudian selanjuntya ada lagi sosialiasi sekunder. Proses sosialisasi sekunder itu sendiri terjadi setelah individu menjalani proses sosialisasi primer. Proses ini sendiri bisa diartikan sebagai proses pengenalan individu kepada suatu kelompok selain keluarga. Bisa dikatakan secara jelas bahwa proses ini menjadi perkenalan individu dengan lingkungan baru yang ada di luar. Tentu saja proses ini akan sangat penting dan juga akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seseroang.

Setelah penjelasan tersebut anda sekarang ini menjadi mengetahui bahwa sosialisasi adalah proses yang penting dalam kehidupan. Proses tersebut ternyata tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan kita. Dalam segala hal sosialisasi bisa dikatakan juga seabgai proses belajar seseorang dengan saling menukar informasi yang ada sebelumnya. Sosialisasi merupakan proses bertukar informasi yang selalu terjadi di kehidupan kita.

Sosial Agama Penting Di Kehidupan Kita

Sosial Agama – Di kehidupan di tengah masyarakat kita sekarang ini adanaya fungsi sosial dan juga fugsi agama tentunya sangatlah penting. Banyak persoalan atau permasalahan dalam kehidupan kita bisa kita ketahui dengan fungsi dari sosial dan juga agama. Tentunya hal tersebut tidak bisa kita pecahkan dengan mudah jika kita hanya mengandalkan logika kehidupan saja. Sebelum itu, agama sendiri bisa diartikan sebagai kepercayaan atau juga kegiatan spiritual yang dilakukan oleh masing-masing pribadi. Fungsi agama sendiri bisa dikatakan sebagai pengatur, penguatan norma, pemberi indentitas pada sebuah entitas masyarakat. Dalam perjalanannya kehidupan agama sejatinya akan sulit untuk dipisahkan dari agama.

Sosial agama nyatanya merupakan pegangan yang sangat penting dalam setiap masyarakat. Dalam setiap golongan masyarakat, sosial dan juga agama keduanya tidak bisa dipisahkan karena dalam kegiatan sosial, masyarakat sendiri akan lebih mengutamakan norma-norma yang berlaku berdasarkan kepercayaan spiritual mereka. Oleh karena itu penting sekali bagi setiap individu untuk memahami kepercayaan atau agama yang berkembang dalam masyarakat sehingga dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh mereka, akan lebih mudah dalam menjalaninya. Fungsi dari sosial dan juga agama sendiri pada fokusnya yakni untuk menjaga dan pengatur berjalannya kehidupan masyarakat sehingga kegiatan sosial lebih berjalan dinamis dengan terus mempertimbangkan keadilan dan norma yang berlaku.

Dewasa ini kegiatan sosial agama terkadang mulai dipisahkan. Padahal sejatinya dalam bermasyarakat, kegiatan sosial dan juga agama akan selalu saling berkesinambungan. Kedua elemen tersebut akan saling bersentuhan sehingga membentuk suatu paduan yang selalu berimbang. Oleh karena itu yang terpenting adalah jangan sampai keduanya terpisah ketika kita memasuki sebuah golongan masyarakat, karena sejatinya tanpa sebuah pegangan kita akan kesulitan dalam mengatur sebuah masyarakat. Itulah yang kemudian menjadi bukti nyata bahwa kegiatan sosial dan agama memiliki fungsi yang sangat penting untuk masyarakat. Jangan sampai kita tidak memahami hal ini sehingga justru bisa berbahaya dalam perjalanannya. Dan yang terpenting jangan sampai tatanan masyarakat rusak karena kita tidak ada yang peduli akan hal ini.